BudayaWisata

6 Fakta Menarik Gunung Ijen di Banyuwangi yang Terkenal dengan Fenomena Api Biru di Kawahnya

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.386 mdpl.

Gunung Ijen terakhir meletus pada 1999. Pendakian menuju kawasannya bisa dimulai dari dua tempat, yakni dari Banyuwangi atau dari Bondowoso.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Minggu, 15 Oktober 2023, bagian terkenal kawasan ini adalah Kawah Ijen yaitu sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektare. Danau kawah Ijen dikenal sebagai danau air asam kuat terbesar di dunia.

Masih banyak hal mengenai Gunung Ijen di Banyuwangi selain ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Ijen yang dirangkum NusantaraMagz.

1. Fenomena Blu Fire di Kawah Ijen

Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Fenomena eternal blue fire atau api biru abadi berada di dalam kawah Ijen, dan pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Etiopia (gunung Dallol) dan Ijen.

Blue fire hanya dapat dilihat oleh mata manusia saat tidak ada cahaya, karenanya waktu ideal untuk melihatnya yaitu pada pukul 2 hingga 4 dini hari, lantaran pendakian Gunung Ijen baru mulai dibuka pukul 2 dini hari.

Dari Kawah Ijen, kita bisa melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya puncak Gunung Marapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

2. Diameter Kawah Ijen hingga 1Km

Kawah Ijen menunjukkan jenis fitur vulkanik khusus yang umum di Indonesia, dengan diameter sekitar 1 kilometer dan kedalaman 175 meter. Lantainya ditutupi sepenuhnya oleh danau yang hangat, berwarna hijau biru susu yang ditahan oleh bendungan yang dibangun bertahun-tahun yang lalu oleh Belanda, untuk menjaga air panas yang sarat mineral dari hujan tanah tanaman di bawahnya.

Suhu turun pada malam hari, di dekat bibir kawah bisa turun menjadi sekitar 5 derajat Celcius. Jalan tersebut berakhir di Jampit, di mana tersedia tempat berlindung yang sangat mendasar. Dimungkinkan juga untuk tidur di stasiun vulkanologi tua di atas bukit, sekarang digunakan oleh pengumpul belerang, tetapi izin harus diperoleh sebelumnya

3. Kaldera Ijen Memiliki Perkebunan Kopi

Kompleks gunung berapi Merapi-Ijen terletak di dalam kaldera Ijen. Kaldera Ijen lebarnya sekitar 20 kilometer dan terkenal dengan perkebunan kopi Arabika. Gunung Merapi, namun jangan bingung dengan gunung berapi dengan nama yang sama di Jawa Tengah atau Gunung Marapi di Sumatera Barat adalah titik tertinggi kompleks kaldera, di tepi timurnya.

4. Cara Mencapai Kawah Gunung Ijen

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen di Banyuwangi, pengunjung dapat menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Banyuwangi Kota kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Tamansari.

Dari Tamansari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang atau menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Tamansari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.

5. Lintasan Pendakian Cukup Berat

Lintasan awal sejauh 2 Km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

Usai beristirahat di Warung Pos Bundar, dinamakan demikian karena pos yang unik berbentuk lingkaran, jalur selanjutnya naik agak curam dan licin. Lalu dilanjutkan 1 Km terakhir relatif landai, namun wisatawan maupun pendaki akan disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 800 meter dengan kondisi yang terjal hingga kemiringan 45 derajat.

6. Banyak Kuli Angkut Membawa Belerang

Pemandu tidak begitu diperlukan untuk berjalan-jalan santai ke kawah. Jalur yang terbentuk dengan baik, selebar tiga meter, mengarah dua kilometer ke Pondok Bunder (2.200 mdpl) tempat para pengangkut belerang menimbang muatannya dan satu kilometer lagi ke tepi kawah (2.350 mdpl).

Sebagian besar pengunjung beristirahat di pelana tepi kawah “titik pengamatan” untuk melihat lubang belerang dan danau berwarna biru kehijauan sekitar 300 meter di bawahnya. Di sini, wisatawan akan melihat para kuli membawa beban seberat 75-90 kg, dengan dua keranjang di bahu mereka, menaiki dinding kawah yang curam dan kemudian menuruni bukit sejauh tiga kilometer menuju tempat pengumpulan.

Kebanyakan kuli angkut melakukan perjalanan dua kali sehari, meskipun dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak kuli angkut yang menggunakan troli yang dibuat khusus untuk membawa muatan mereka. Troli ini ditemukan oleh Heinz von Holzen dan didanai oleh banyak pihak termasuk pemerintah Swiss.

Meskipun hal ini membuat hidup lebih mudah bagi para pengumpul belerang, Anda juga akan melihat wisatawan yang tidak mampu atau terlalu malas untuk berjalan ke Kawah Ijen diangkut dengan troli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACKLINK
http://107.152.46.164/ https://terminalbet.shirkah.or.id/ https://terminalbet2.bbpkhcinagara.com/ https://link.space/@masukterminalbet http://185.113.8.73/ https://heylink.me/loginterminalbet/ https://linkr.bio/linkterminalbet https://potofu.me/terminalbet https://bbpkhcinagara.com/