BeritaFEATUREDNews

Ma’ruf Amin hingga Ketua Umum Pendukung Ganjar-Mahfud Md Telah Tiba di Lokasi HUT PDIP

Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin tiba di lokasi peringatan HUT ke-51 PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Ma’ruf tiba sekitar pukul 09.47 WIB dan mengenakan batik bernuansa coklat. Pantauan di lokasi, Ma’ruf disambut oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, MenkumHAM Yasonna Laoly, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba lebih dulu mengenakan baju dan selendang bernuansa merah. Ia nampak didampingi anaknya yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo.

Selain itu, para ketua umum dan petinggi parpol pendukung Ganjar-Mahfud Md juga telah tiba di lokasi HUT PDIP.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, PDIP memperingati HUT ke-51 PDIP dengan sederhana bersama rakyat bukan hanya elite, khidmat, dan dilaksanakan secara hybrid.

“Kesatupaduan dengan akar rumput menjadi ciri utama rangkaian HUT. Pembukaan dilakukan jam 10.00 WIB di Sekolah Partai dan dilanjutkan dengan syukuran di RT/RW secara serentak pada jam 16.00 WIB. Kegiatan di akar rumput ini menegaskan bahwa persatuan dengan rakyat merupakan kekuatan inti partai, bukan elit,” ujar Hasto dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Pembukaan HUT, lanjut Haato, dilakukan secara hybrid. Struktural Partai sebanyak 1.2 juta pengurus, 128 anggota DPR RI, 418 DPRD Provinsi, 2.874 DPRD Kab Kota, 131 Kepala Daerah, 124 wakil kepala daerah, dan 32 ribu caleg.

“Solid bergerak untuk pemenangan Pemilu dengan cara berdikari akan dihadirkan,” kata dia.

Semangat HUT PDIP

Hasto menekannya bahwa rangkaian HUT mengedepankan semangat Satyam Eva Jayate, kebenaran pasti menang, dan semangat ini penting di dalam memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar-Mahfud.

“Kegiatan merawat pertiwi dengan penghijauan, gelora kebudayaan nusantara, dan konsolidasi di akar rumput akan menjadi ciri utama rangkaian HUT Partai,” kata dia.

Acara akan dihadiri Wapres Ma’ruf Amin dan beberapa menteri dari internal Partai dan yang menjadi sahabat Megawati.

“Dirgahayu PDI Perjuangan ke-51,” pungkas Hasto.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menanggapi kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak dapat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP lantaran terbentur agenda kunjungan kenegaraan di luar negeri.

“Kalau beliau mau kunjungan ke luar negeri ya saya kira urusan negara pasti nomor satu,” ujar Ganjar di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa 9 Januari 2024.

Perayaan dan syukuran HUT ke-51 PDIP akan berlangsung 10 Januari 2024. Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menyebut, pihaknya sudah mendengar kabar bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi berada di luar negeri pada tanggal tersebut.

“(Syukuran) Dilakukan secara sederhana ya, apalagi sekarang masa kampanye, masa Pemilu. Dan Pak Jokowi kita tahu, itu kita dengar informasi bahwa beliau mau ke luar negeri,” ujar Djarot, dikutip Senin 8 Januari 2024.

Jokowi Mengaku Belum Diundang

Mengetahui informasi tersebut, Djarot menyebut apabila pihaknya mengundang Jokowi, maka bisa dipastikan presiden tidak bisa hadir.

“Diundang pun pasti beliau nggak bisa hadir ya,” kata Djarot.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, perayaan HUT PDIP hanya akan dilakukan secara sederhana di sekolah partai.

“Hanya diadakan di sekolah partai ya, di Lenteng Agung. Tempatnya sangat terbatas dan itu kita lakukan dengan sangat khidmat. Dan kita semua berjuang untuk turun ke bawah menyatu dengan rakyat,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengaku belum mendapat undangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 tahun PDI Perjuangan (PDIP). Diketahui, HUT PDIP itu akan dilakukan pada 10 Januari 2024.

“(Datang HUT PDIP?) belum dapat undangan,” kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin 8 Januari 2024.

Jokowi Kunker ke Sejumlah Negara ASEAN Pekan Ini

Sementara Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Asia Tenggara atau ASEAN pada pekan ini.

“Ada rencana memang kunjungan ke luar negeri. Ada rencana ke beberapa negara di ASEAN,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat 5 Januari 2024.

Kendati begitu, dia belum mau memberikan penjelasan secara rinci terkait kapan dan berapa lama Jokowi akan melakukan kunjungan luar negeri. Ari juga belum bisa memastikan apakah Jokowi akan menghadiri HUT PDIP yang merupakan partai pengusungnya sejak menjadi Wali Kota Solo.

“Tentang kurun waktu (berapa lama keluar negeri) kami (belum) bisa memastikan. Saya nanti akan update lagi, tapi intinya ada ke beberapa negara ASEAN,” jelasnya.

“Kalau ada kunjungan ke luar negeri mungkin tidak (hadir HUT PDIP),” sambung Ari.

Dia membantah kunjungan Jokowi keluar negeri untuk menghindari HUT ke-51 PDIP. Ari menyampaikan agenda kunjungan kerja Jokowi sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACKLINK
http://107.152.46.164/ https://terminalbet.shirkah.or.id/ https://terminalbet2.bbpkhcinagara.com/ https://link.space/@masukterminalbet http://185.113.8.73/ https://heylink.me/loginterminalbet/ https://linkr.bio/linkterminalbet https://potofu.me/terminalbet https://bbpkhcinagara.com/